Senin, 20 April 2009

Orang-orang yang hidupnya tidak jelas apa yang akan dilakukannya

Orang-orang yang hidupnya tidak jelas apa yang akan dilakukannya,

adalah orang orang yang hidupnya belum mengambil tanggung jawab terlalu besar sampai ia terpaksa

Mereka yang sulit berhasil, biasanya menghindari hal2 yang sulit.
Orang2 yang berhasil melakukan hal2 yang dihindari oleh orang2 yang sulit berhasil.
-------------------------------------------------------------------
Perendahan orang lain itu tujuannya untuk melemahkan kita
------------------------------------------------------------------

Banyak orang percaya, hanya kalau kita lemah mereka bisa berhasil. Orang2 itu adalah orang2 yang mudah dikalahkan.

Maka jangan penuhi strategi mereka untuk melemahkan kita. Semua pelemahan yang mereka lakukan kepada kita itu, menyebabkan kita marah.Buktikan kemarahan itu untuk membuktikan bahwa mereka salah. Yang mereka lakukan untuk membuat kita lemah itu, justru memperkuat kita.

Semakin marah, anda semakin berkualitas, semakin tegak, semakin tajam pandangan anda, semakin bersungguh-sungguh persiapan anda.

Hati yang kuat menghadapi kehidupan dengan kesadaran penuh. Camkan bahwa anda kalau tidak dilemahkan, akan dikuatkan.

“THE SHAPE OF MY HEART” atau terjemahan bebasnya adalah “Bentuk Hati Kita”. Baiklah tanpa panjang lebar lagi, berikut resume yang berhasil saya catat tadi malam:

Ada empat macam bentuk hati yaitu:
- Hati yang Peka
- Hati yang Kuat
- Hati yang Tabah
- Hati yang Cerdik

Sebetulnya hidup ini sangat sederhana, tetapi kita yang merumitkannya dengan rencana yang tidak kita laksanakan, janji yang tidak kita penuhi, kewajiban yang kita lalaikan, dan peraturan yang kita langgar.

Kita dapat mengetahui bentuk hati kita dengan mengecek-nya sendiri, apakah janji kita sering tidak kita tepati, apakah kewajiban kita sering kita lalaikan, apakah kita sering melanggar peraturan, dan apakah kita sering membatalkan rencana?

Kalau sesuatu salah, pasti ada sesuatu yang tidak benar dilakukan oleh yang harusnya membenarkan.

Langit kita bergema sekarang dengan janji2 calon pemimpin yang mungkin tidak bisa dipenuhi.

Semua pribadi yang mencapai kebesaran itu mencapainya melalui kepekaan rasa, bukan logika.Logikanya kepekaan hati orang sekarang mencerdaskan mereka untuk tahu janji mana yang bisa dipercaya.

Kita tidak mungkin bisa ditipu oleh orang, kalau kita tidak menipu diri kita sendiri.

Jadilah pribadi yang tahu, bahwa pemimpin itu yang memilih yang dipimpinnya. Berkasih sayanglah kepada orang yanda anda pimpin, ketika anda menjadi pemimpin.

Semua orang akan mencapai kehebatannya kalau terpaksa.
Kalau ada kucing yang tersudut di tembok, jangan anda serang, karena kucing yang tersudut akan melarikan diri melalui wajah anda.Orang2 yang hidupnya tidak jelas apa yang akan dilakukannya, adalah orang2 yang hidupnya belum mengambil tanggung jawab terlalu besar sampai ia terpaksa.

Selalu orang2 yang kebingungan dalam hidupnya adalah yang masih bisa hidup dan tidak mungkin mati, serta selalu yang masih aman. Tetapi orang2 yang tersudut dan hampir mati, tidak punya waktu untuk mengeluh.

Jadi ambilah tanggung jawab yang besar, umumkan diri anda sebagai sahabat bagi kebaikan orang banyak. Buatlah diri anda tersudut lalu setelah itu akan anda temukan kekuatan2 yang datang dari sudut2 yang anda tidak tahu sebelumnya.

Super Point:
Perendahan orang lain itu tujuannya untuk melemahkan kita.

Banyak orang percaya, hanya kalau kita lemah mereka bisa berhasil. Orang2 itu adalah orang2 yang mudah dikalahkan.

Maka jangan penuhi strategi mereka untuk melemahkan kita. Semua pelemahan yang mereka lakukan kepada kita itu, menyebabkan kita marah.Buktikan kemarahan itu untuk membuktikan bahwa mereka salah. Yang mereka lakukan untuk membuat kita lemah itu, justru memperkuat kita.

Semakin marah, anda semakin berkualitas, semakin tegak, semakin tajam pandangan anda, semakin bersungguh-sungguh persiapan anda.

Hati yang kuat menghadapi kehidupan dengan kesadaran penuh. Camkan bahwa anda kalau tidak dilemahkan, akan dikuatkan.

Jangan marah kepada atasan kecuali anda sudah mempunyai pekerjaan kedua.
Memang betul kita harus bersemangat, tetapi harus juga pandai. Anda tidak bisa berteriak bahwa anda BISA tanpa mengetahui caranya.

Atasan anda bukan yang memilih anda untuk menjadi anak buahnya, tetapi anda sendiri yang memilih atasan.

Akan sangat mengherankan kalau anda sebagai anak buah selama bekerja, selalu merasa ditindas oleh atasan yang anda pilih sendiri. Anjurannya, bagi bawahan yang sudah tidak damai lagi dalam perusahaan, kalau semua cara sudah dilakukan, adalah KELUAR.

Banyak orang membuktikan keraguannya mengenai Tuhan, dengan cara tidak berani pindah pekerjaan, karena dia beranggapan di tempat lain tidak ada rejeki lagi baginya.

Kemampuan tidak lebih penting daripada penggunaan kemampuan.
Penggunaan kemampuan ditentukan oleh bentuk hati anda. Jadi kalau anda mau pergi terhadap kemampuan anda, hebatkanlah hati anda.

Akrabrlah dengan yang membuat hati anda hebat, bergaulah dengan orang2 baik, panggil-lah nama2 baik Tuhan sehingga hati anda tergetar karena-Nya. Pikirkanlah yang baik, ucapkanlah yang baik, lakukanlah yang baik, anda tidak mungkin salah.

Kalau anda diserang, dihina, direndahkan, diberikan isyu, pilihannya adalah marah, atau senyum?. Yang alamiah untuk anda pilih adalah MARAH. Lalu gunakan energi kemarahan anda dalam hal yang positif.

Tidak ada masalah dalam perusahaan yang tidak bersumber dari belum cukupnya penjualan. Semua orang yang ketat dalam efesiensi, adalah orang yang sedang tersiksa dalam penjualannya. Uniknya yang selalu disalahkan adalah masa sulit/krisis.

Pohon memperpanjang akarnya dimusim kering. Orang yang tidak bisa kreatif dimasa sulit, sepeti pohon yang malas memperpanjang akarnya dimusim kering.

Dalam pribahasa Tionghoa “Setiap tahun itu sulit, tapi setiap tahun itu lewat”. Jadi bukan keluhannya tentang sulitnya tahun, tapi hebatnya upaya supaya lewat tahun 2009 ini dengan baik.

Dimasa pemilu ini banyak yang menjanjikan perbaikan nasib kalau presidennya tepat. Semua ini tidak ada hubungannya, karena rejeki anda adalah urusan diri pribadi anda dengan Tuhan.

Di sebaik-baiknya ekonomi akan selalu ada orang yang kesulitan, dan di sesulit-sulitnya ekonomi akan ada orang yang dimudahkan dengan rejeki yang baik. Jadi siapapun pemimpin negeri ini, tetaplah menjadi pribadi Indonesia yang super, sehingga mendapat perhatian yang khusus dari Tuhan.

Kalau anda menjadi pribadi yang diperhatikan Tuhan, sistim rejeki akan mencari jalnnya sendiri, untuk memuliakan kita. Anda mempunyai direct langsung kepada Tuhan, gunakanlah fasilitas itu setiap hari.

Kebanyakan dari kita hanya berdo’a ketika sedih. Dalam do’a kita hanya melihat sedihnya, sementara Tuhan hanya menyusukai dan melihat do’anya. Maka jangan salahkan kalau Tuhan membiarkan kita berlama-lama dalam kesedihan, karena kita hanya berdo’a ketika kita sedih.

Maka berdo’alah dalam keadaan bahagia, maka Tuhan akan senang menyimpan kita berlama-lama dalam kebahagiaan. Bentuk hati menentukan bentuk kehidupan.

Super Point:
Mereka yang sulit berhasil, biasanya menghindari hal2 yang sulit.Orang2 yang berhasil melakukan hal2 yang dihindari oleh orang2 yang sulit berhasil.

Salah satu pengkerdilan dalam hidup ini adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas.

Jangan beristirahat sebelum letih, karena orang malas akan beristirahat sebelum capek. Orang2 hebat tidak beristirahat, padahal dia berhak untuk istirahat.

Sebuah masalah tidak bisa diselesaikan oleh tingkat berfikir dimana maslah itu dibuat. Anak SD tidak mungkin bisa menyelesaikan masalah yang harus dikerjakan anak tingkatan berikutnya dst.

Banyak orang mengeluhkan kesulitan hidupnya, tanpa membangun kemampuan untuk menyelesaikannya, dengan cara membangun kemampuan berfikir kelas lebih tinggi.

Jadi mengapa perubahan itu menyiksa?, ia menyiksa selama kelas berfikir kita pantas untuk masalah itu. Karena ada orang2 yang pantas untuk kelas berfikir berikutnya dan berikutnya.

Orang2 yang tersiksa pada levelnya, biasanya orang2 yang tidak berusaha untuk memperbarui diri. Cara paling cepat untuk membuat orang berhenti belajar adalah diberi pangkat Direktur. Hati2lah dengan kepangkatan yang tidak meningkatkan kelas erfikir.

Ikhlaslah tetang perubahan, ikhlaslah untuk memperbaharui diri, sebab tidak ada pribadi lama yang berhak bagi kualitas kehidupan baru.

Kesimpulan:

Bentuk hati kita menentukan bentuk kehidupan kita.

Salah satu rahasia keberhasilan, yang segera bisa kita terapkan dalam kehidupan kita adalah memimpikan kehidupan yang besar sekali, tetapi membuat rencana kita sangat sederhana, sampai hampir terlaksanakan sendiri.

Anjurannya:

Baikan-lah hati anda, hebatkanlah impian anda, dan sederhanakanlah tindakan anda, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Demikianlah resume “THE SHAPE OF MY HEART”. Jika sekiranya didapati kekurangan, sudilah kiranya para sahabat meluangkan waktu menambahkan untuk mengoreksi serta menyempurnakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar