Rabu, 22 April 2009

Protista

amoeba-makan.gif

Tahukah kalian, tidak semua organisme renik itu adalah bakteri? Mengapa? Hal ini dikarenakan bakteri hanyalah sebutan untuk organisme bersel satu yang tidak mempunyai inti sel. Organisme ini mempunyai organel mirip inti sel (nukleoid). Jadi, bakteri tergolong organisme prokariotik. Prokariotik adalah organisme yang tidak memiliki selaput/membran inti.

Tidak semua organisme uniseluler adalah prokariotik. Euglena, Amoeba, Paramecium, dan Plasmodium adalah organisme mikro yang mempunyai inti sel. Jadi, mereka tidak disebut bakteri, tetapi ‘protista’.

Protista adalah salah satu Kingdom/kerajaan makhluk hidup. Masih ingat dengan macam-macam kingdom? Ada 6 macam yang sementara ini bisa dijadikan pedoman. Mereka adalah Virus, Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia. Nah, bakteri ikut dalam anggota kerajaan Monera.

Macam-macam Protista

Protista dikelompokkan menjadi 3 kelas, yakni Protozoa, Algae, dan Myxomycota.

1. Protozoa adalah organisme renik mirip hewan. Ada Rhizopoda (si kaki semu), Flagellata (si cambuk), Ciliata (si rambut getar), dan Sporozoa (si spora yang bergerak tanpa alat bantu). Nah, yang ada pada gambar di atas hanya salah satu contoh organisme protista, bukan hewan mungkin juga bisa dibilang sebagai ‘kuman’.

2. Algae adalah organisme kecil mirip tumbuhan. Ada Chlorophyta (si alga hijau), Phaeophyta (si alga coklat), Rhodophyta (si alga merah), dan Chrysophyta (si alga emas). Alga juga terkadang disebut ganggang. Ohya, Dinoflagellata dan Euglenophyta juga diikutkan sebagai alga, walaupun juga mirip hewan. Hal ini dikarenakan keduanya mampu berfotosintesis. Jadi, juga mirip tumbuhan. Tapi jangan salah, mereka berdua adalah nama kelas yang juga bisa digolongkan dalam kelas Protozoa-Flagellata.

3. Myxomycota adalah organisme mirip jamur berukuran kecil. Tapi, bukan jamur sebenarnya. Hal ini disebabkan organisme yang juga disebut jamur lendir ini memiliki dinding sel dari zat selulosa. Beda dengan jamur, dinding sel jamur terdiri atas zat kitin. Myxomycota ada dua golongan, yakni Myxomycota (juga namanya) dan Oomycota. Myxomycota sebagai jamur lendir yang hidup di darat. Oomycotina sebagai jamur lendir yang hidup di air.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai anggota/kelas kerajaan Protista. Selanjutnya, sudah dapatkah kalian membedakan organisme yang tergolong kerajaan Virus, Monera (bakteri), dan Protista?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar