Senin, 20 April 2009

KOMPETENSI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

KOMPETENSI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

Ada berbagai jenis pekerjaan di bidang TI.
Pengelompokan jenis pekerjaan bergantung kepada acuan yang digunakan.
Akan tetapi ada hal yang sama. Salah satu cara untuk melihat
lapangan pekerjaan di bidang TI adalah dengan menanyakan kepada industri TI atau
mengambil data-data dari lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Berikut ini adalah beberapa kategori lowongan pekerjaan yang ditawarkan
di lingkungan Penyedia Jasa Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP)

- Web Developer Programmer
- Web Designer
- Database Administrator
- System Administrator
- Network Administrator
- Help Desk
- Technical Support

*******************************************************************************
Masing-masing kategori di atas memiliki kebutuhan kompetensi yang berbeda-beda.
Kompetensi dasar standar (standard core competency) yang harus dimiliki oleh
kesemua kategori lapangan pekerjaan yaitu

- Kemampuan mengoperasikan perangkat keras.
- Mengakses Internet

1. (Web Developer Programmer)

Kompetensi yang harus dimiliki:
- Membuat halaman web dengan multimedia
- CGI programming

2. (Web Designer)

Kompetensi yang harus dimiliki:
- Kemampuan menangkap digital image
- Membuat halaman web dengan multimedia

3. (Database Administrator Database Administrator)

Kompetensi yang harus dimiliki:
- Monitor dan administer sebuah database

4. (System Administrator)

Kompetensi yang harus dimiliki:
- Menghubungkan perangkat keras
- Melakukan instalasi Microsoft Windows
- Melakukan instalasi Linux
- Pasang dan konfigurasi mail server, ftp server, web server
- Memahami Routing

5. (Network Administrator)

Kompetensi yang harus dimiliki
- Menghubungkan perangkat keras
- Administer dan melakukan konfigurasi sistem operasi yang mendukung network
- Administer perangkat network
- Memahami Routing
- Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya
- Mengelola network security
- Monitor dan administer network security

6. (Help Desk)

Kompetensi yang harus dimiliki:
- Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows seperti
Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.

7. (Technical Support)

Kompetensi yang harus dimiliki:
- Menghubungkan perangkat keras.
- Melakukan instalasi Microsoft Windows
- Melakukan instalasi Linux
- Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya
- Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows seperti
Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.
- Pasang dan konfigurasi mail server, ftp server, web server

Catatan kompetensi yang ditunjukkan dengan kode “ANTA” merupakan standar
kompetensi yang direkomendasikan oleh Australian National Training Authority (ANTA).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar