Senin, 20 April 2009

Istilah-istilah dalam internet

Istilah-istilah dalam internet

American OnLine (AOL)
Layanan Komersial yang menyediakan browser Internet-nya sendiri.

Browser
Aplikasi yang ada di komputer Anda, mirip dengan aplikasi pengolah kata atau aplikasi lain, yang dirancang untuk membaca tipe file data tertentu. Untuk mengakses WWW, Anda membutuhkan program software internet browser ini.
Browsing-metode untuk menjelajahi WWW Internet. Mem-browse WWW sering disebut sebagai surfing the Net.

Backbone
Saluran utama (tulang punggung) penghubung antar network pada suatu daerah/area yang jaraknya saling berjauhan.

Bandwidth
Adalah kecepatan maksimal yang dapat digunakan untuk melakukan transmisi data antarkomputer pada jaringan atau internet.

Banner
Salah satu bagian dari halaman web yang berisi iklan yang biasanya memiliki standar ukuran dalam bentuk pixels.

Baud Rate
Adalah jumlah data yang dapat ditransfer melalui sebuah interface serial.

Beta Version
Istilah yang biasa digunakan oleh pengembang software untuk memberi status pada softwarenye. Beta version berarti software tersebut telah melali uji pabrik (alpha version), tapi masih perlu diujicoba oleh tester atau orang luar. Beta version merupakan tahap terakhir bagi sebuah software sebelum dilepas kepada publik.

Binary
Suatu sistem penomoranyang hanya mengenal angka satu dan nol.

Bit
Singkatan dari BINARY DIGIT merupakan satuan terkecil untuk muatan data/informasi, istilah tersebut pertama kali dipakai oleh John Tukey pada tahun 1946.

Bnc T Connector
Terminal segitiga untuk penghubung kabel coaxial RG- 58 pada jaringan Ethernet.

Bookmark
Suatu catatan elektronik di dalam browser yang berisi alamat-alamat ke tempat yang kita senangi di internet.

Bounce
Pengembalian bagian-bagian email karena suatu error yang terjadi pada proses pengantarannya.

Bridge
Perangkat yang dipergunakan untuk menghubungkan beberapa buah segmen jaringan komputer (LAN) yang sama ataupun berbeda, misalnya jaringan ETHERNET dengan TOKEN RING, lebih cepat daripada ROUTER dan lebih handal, karena paket yang didapat akan langsung dikirimkan ke alamat yg dituju tanpa ada proses penganalisaan/pengecekan dan tanpa ada routing kembali.

Broadband
Broadband adalah salah satu kategori dari jenis network berdasarkan bandwidth, contoh yang termasuk broadband seperti ATM (Asynchronous Transfer Mode) ataupun cable modem. Yang mana seperti ATM bisa mentransfer file sebesar 10MB dalam waktu 0.5 detik. Broadband banyak dijumpai pada backbone dari suatu network.

Byte
Singkatan dari BINARY TERM, juga satuan untuk muatan data/informasi, dimana besarnya 1 byte = 8 bit

Banner
adalah media informasi dalam bentuk image / gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah webpage.


CGI/Perl
bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh pemakai komputer UNIX/LINUX.

Chat
adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan (ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu).

Chatting
istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat.
CU-SeeMe
Aplikasi yang memungkinkan konferensi video pada Internet.

Cyberspace
Tempat virtual di mana orang dapat berkomunikasi dan bertemu.

Download
Download adalah aktifitas akses Internet untuk memindahkan data/file/aplikasi yang ditransfer oleh mesin setelah pengguna Internet melakukan request terhadap data/file/aplikasi tersebut pada satu halaman web.

Domain name
Bagian yang membentuk IP address pada Internet. Domain name terdiri dari dua bagian atau lebih yang terpisah oleh tanda titik. Bagian paling kiri adalah bagian yang paling penting, menunjukkan tujuannya. Contoh : WWW menunjukkan Web server mail. Sembarang domain name akan “melebur” menjadi hanya satu IP address yang unik untuk setiap mesin. Bagian sebelah kanan menunjukkan tipe site. Contoh :.gov menunjukkan negara asal site, misalnya id menunjukkan negara Indonesia.

E-Mail
Mirip surat pos, tetapi dikirimkan secara elektronik, sehingga tiba ditempat tujuan nyaris dalam tempo seketika itu juga. E-mail yang berisikan pesan dikirim ke komputer Anda dan akan terus ada di komputer itu sampai Anda mengambilnya (membuka dan menyimpannya atau membuangnya).

Eudora
Aplikasi e-mail desktop yang populer karena lingkungan grafis dan kemampuannya untuk bekerja di hampir semua jenis server (PC maupun Macintosh).

FAQ
Frequently Asked Questions - daftar yang memuat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan tentang topik tertentu.

FTP (File Transfer Protocol)
Program yang digunakan pada komputer berbasis Windows untuk mentransfer file (software atau dokumen) pada Internet.

GIF (Graphics Interchange Format)
Jenis image yang seringkali dipakai pada web pages karena kemampuannya untuk me-render warna latar belakang sebagai transparan.

Gopher
Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internet pada berbagai server gopher.

Home Page
Halaman-halaman yang menampung berbagai informasi dari suatu perusahaan, institusi atau pribadi. Contoh White House home page berisikan informasi politik dan kebijakan Presiden AS.

HTML
HyperText Markup Language - bahasa standar yang digunakan browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen yang dipajang pada Web. Selain memungkinkan komputer berkomunikasi, HTML juga menyediakan link di antara file-file yang ada di komputer yang berbeda dan dipisahkan oleh jarak yang jauh.

HTTP
http atau Hyper Text Transfer Protocol adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program webbrowser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah http

HyperLink
Bagian dari Web page yang menghubungkan Anda ke file lain, menyediakan seamless link (hubungan) ke file-file pada komputer lain. Biasa dikenal sebagai link. Mengklik hyperlink berarti mem-browse WWW dan mengunjungi berbagai lokasi.

Hypermedia document
File data berisi banyak informasi yang dikirimkan melalui Internet ke komputer Anda dan dimunculkan secara grafis dalam cara yang user friendly.

Hypertext
Salah satu cara untuk me-link banyak file. Teks yang mengandung hypertext biasanya digarisbawahi. Untuk melihat ‘kait’nya Anda cukup mengklik pada teks tersebut.

Internet
Jaringan komputer dunia yang menghubungkan jaringan-jaringan komputer komersiah regional di seluruh dunia.

Intranet.
Pemanfaatan Internet dalam LAN untuk menghubungkan oran-orang dalam satu perusahaan tanpa berhubungan dengan dunia luar.

IP address
Alamat IP yang terbentuk dari empat angka yang dipisahkan oleh tanda titik. Alamat yang bersifat unik ini akan diberikan setelah Anda mengirimkan e-mail ke Hostmaster@INTERNIC.NET.

ISP (Internet Service Provider)
Perusahaan penyedia jasa koneksi ke Internet.

Java
Bahasa pemrograman berbasis-obyek yang sederhana, dan tidak tergantung pada platform dan sistem operasi. Bahasa ini dikembangkan oleh Sun Microsystems dan digunakan untuk membuat HotJava.

JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Image grafis dalam bentuk terkompresi yang sering digunakan pada Web pages.

Listserv
Komputer yang mengotomatiskan pengiriman e-mail (bertindak sebagai pusat distribusi untuk pesan-pesan e-mail). Salah satu contoh adalah EDTECH yang para anggotanya mendiskusikan topik-topik yang terkait dengan teknologi pendidikan.

Lycos
Salah satu search engine. Lycos dikembangkan oleh Carnegie Mellon University dan melakukan pencarian berdasarkan judul dan isi. Pembaruan indeks dilakukan setiap minggu, sedangkan pencariannya bisa dilakukan setiap hari.

MPEG (Moving Picture Experts Group)
Algoritma terkompresi untuk file video dan audio. Bentuk ini sering digunakan pada web.

Net
Singkatan dari cyberspace.

Netscape
Browser Internet yang juga merangkap fungsi e-mail, FTP, Telnet, dan Gopher.

Newsgroup
Salah satu cara untuk berkomunikasi dengan penjelajah Internet lainnnya.

Online
Sering digunakan untuk merujuk saat orang ber-Internet.

Plugin
adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.

Script
adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage.

Search Engine
adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal : Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan lainnya.

Server
adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.

Upload
adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.

User
pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

Virus
adalah program tersembunyi yang dapat ‘menebeng’ atau ‘membonceng’ pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin.

VisualBasic
bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp.

Voice-mail
sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.

WAP
Wireless Application Protocol, adalah fasilitas pada handphone yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan internet. Dengan WAP kita dapat menggunakan internet tidak saja untuk menerima dan mengirim handphone, bahkan untuk kalender, jadwal, serta gambar.

Web browser
program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.

Webmaster
seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan.

Web page
adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video.

Website
adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.

www
world wide web adalah istilah yang digunakan dalam internet untuk awal
Diposkan oleh Hasan di 19:01 0 komentar Link ke posting ini
Kamis, 2008 Oktober 23
IRC COMMAND

Basic IRC command (perintah dasar IRC)

Connect ke IRC server

Command: /server namaserver

Contoh: /server mesra.dal.net

Keterangan: contoh tersebut akan menghubungkan anda (connect) ke server mesra di Dalnet. Beberapa Dalnet server aktif yang lain adalah : arcor.dal.net , broadway.dal.net , dragons.dal.net , hotspeed.dal.net dan lain lain.

Masuk ke sebuah chanel

Commad: /join #namachanel

Contoh: /join #pribumi

Keterangan: bagi pengguna mIRC, command ini secara default biasanya telah dibuat shortcutnya, sehingga anda bisa masuk ke sebuah channel hanya dengan menggunakan perintah /j namachanel (contoh: /j pribumi).

Keluar (part) dari sebuah channel

Command: /part #namachanel

Contoh: /part #pribumi

Keterangan: Untuk keluar dari channel yang aktif cukup mengetikkan /part di chanel yang aktif (tanpa nama channel). Coba juga /partall untuk keluar dari seluruh chanel yg kita masuki.

Mengganti nickname

Command: /nick nickname-yang-baru

Contoh: /nick zaitun

Keterangan: anda tidak bisa mengganti nickname saat channel moderated (+m) atau anda sedang di ban di sebuah chanel.

Meninggalkan pesan away

Command: /away [pesan]

Contoh: /away lagi makan, jangan di ganggu!!

Keterangan: untuk menghilangkan pesan tersebut ketik kembali /away (tanpa pesan)

Melihat informasi (server, channel, ident, dll) dari sebuah nickname

Command: /whois nickname

Contoh: /whois zaitun

Keterangan: perintah tersebut akan menampilkan informasi nickname zaitun, seperti ip adressed, ident, channel dimana zaitun berada, server yang digunakan dll.

Jika anda melakukan whois pada sebuah nick maka akan menampilkan hasil kurang lebih sbb:

zaitun is ukhti@202.150.34.122 * tiaz parani

zaitun #pribumi

zaitun mesra.kl.dal.net (faster server on dalnet)

zaitun End of /whois list.

Baris pertama menyatakan bahwa nickname zaitun memiliki ident ukhti dengan ip addressed 202.150.34.122 dan full name tiaz parani

Baris kedua menyatakan zaitun berada di #pribumi

Baris ketiga menyatakan bahwa zaitun menggunakan server mesra.dal.net

Mengundang (invite) seseorang ke dalam chanel.

Command: /invite #namachannel nickname

Contoh: /invite #pribumi zaitun

Keterangan: contoh tersebut akan menginvite nickname zaitun ke dalam chanel #pribumi. Command ini sangat dibutuhkan jika anda adalah seorang operator channel dan ingin mengundang teman anda masuk ke channel di saat channel invite only (+i), dimana tak seorang pun bisa masuk ke channel kecuali telah di invite oleh operator channel atau pun chanserv (channel services).

Mengeluarkan sebuah nickname dari channel

Command: /kick #namachanel nickname

Contoh: /kick #pribumi zaitun

Keterangan: contoh akan mengeluarkan nickname zaitun dari channel #pribumi dengan catatan anda adalah operator (@) di channel tersebut.

Melihat daftar/list channel

Command: /list [metode]

Contoh: /list bumi (melihat daftar channel yang mengandung kata bumi. /list -min 100 (melihat daftar channel yang jumlah user di dalamnya minimal 100 nickname). /list -max 50 (melihat daftar channel yang jumlah user di dalamnya maximal 50 nickname). /list -min 100 -max 500 (melihat daftar channel yang jumlah user di dalamnya antara 100-500 nickname). /list (melihat seluruh channel yang aktif).

Keterangan: command ini tidak dapat melihat channel yang mode nya +s (secret channel).

Membuat/mengganti topic channel

Command: /topic #namachannel topic-baru

Contoh: /topic #pribumi Selamat Datang di #pribumi

Keterangan: anda harus operator di channel agar bisa membuat/mengganti topic jika mode channel adalah +t (topic limited).

Menyatakan apa yang sedang kita lakukan

Command: /me pesan

Contoh: /me senang, /me makan siang, /me be er be dll.

Keterangan: command itu untuk menyatakan apa yang sedang anda lakukan/rasakan. Coba juga /ame pesan (untuk memberikan pesan ke seluruh channel dimana kita berada)

Melakukan query pada sebuah nickname

Command: /query nickname

Contoh: /query zaitun

Keterangan: contoh tersebut digunakan jika anda ingin berbicara (chating) private pada seseorang/nickname (zaitun). Pada mIRC biasanya command ini telah di buat shortcut nya, sehingga command nya dapat di singkat menjadi /q zaitun

Disconnect dari IRC server

Command: /quit [pesan]

Contoh: /quit pamit ya!! ... Wassalamualaikum :)

Keterangan: [pesan] bersifat optional, artinya kita bisa keluar dari IRC hanya menggunakan perintah /quit (tanpa pesan).

Mendapatkan informasi lebih lengkap

Jika anda ingin mendapatkan informasi lengkap silahkan ketik /help
Diposkan oleh Hasan di 10:42 0 komentar Link ke posting ini
Kamis, 2008 Oktober 09
XDMCP

XDMCP (X Display Manager Control Protocol) pada port 177. Protokol XDMCP sangat berguna apabila server akan digunakan untuk melakukan instalasi yang membutuhkan GUI dan kita tidak ingin berada langsung di server room.
XDMCP berfungsi untuk menyediakan layanan session dan login grafisPC client ke PC server.
Diposkan oleh Hasan di 15:23 0 komentar Link ke posting ini
Rabu, 2008 Oktober 08
RDP(Remote Desktop Protocol)

Remote Desktop Protocol (sering disingkat menjadi RDP) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan oleh Microsoft Windows Terminal Services dan Remote Desktop. RDP dibuat berdasarkan protokol T.120 yang spesifikasinya diumumkan oleh International Telecommunication Union (ITU), yang juga merupakan protokol yang digunakan di dalam perangkat lunak konferensi jarak jauh Microsoft NetMeeting.

Klien-klien yang mendukungnya bervariasi, mulai dari sebagian besar sistem operasi Windows 32-bit (termasuk Windows CE dan PocketPC), hingga sistem operasi lainnya, seperti Linux, FreeBSD, UNIX Solaris, dan Apple Mac OS X. Secara default, server yang membuka protokol ini, akan membuka port TCP 3389.
Diposkan oleh Hasan di 22:10 0 komentar Link ke posting ini
TELNET

TELNET adalah singkatan dari TELetype NETwork adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.
Diposkan oleh Hasan di 21:38 0 komentar Link ke posting ini
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

SMTP ialah sebuah protokol yang bekerja pada port 25. Dimana pada port ini digunakan untuk mengirim email dengan aplikasi yang dinamakan MTA (Mail Transfer Agent). MTA ini berupa program email misalnya: sendmail, qmail atau postfix. Perumpamaan MTA ialah seperti jasa pengiriman surat seperti kantor pos, Tiki, DHL. Ketika seseorang mengirim email maka sebenarnya ia telah mengontak port 25 untuk mengirimkan email kepada recipient. User mengirim email dapat menggunakan berbagai macam cara. Secara umum user menggunakan yang disebut MUA (Mail User Agent). Contoh MUA ialah seperti Microsoft Outlook, Kmail, Eudora Mail, pine, Evolution.
DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

1. safii-rfc821.zip

Diposkan oleh Hasan di 21:19 0 komentar Link ke posting ini
Selasa, 2008 Oktober 07
POP (Post Office Protocol)

POP (Post Office Protocol) merupakan protocol yang digunakan untuk pengelolaan e-mail. Dengan adanya fasilitas ini akan mempermudah untuk mendapatkan e-mail dari sebuah mail server tanpa perlu koneksi yang lama dari Internet. POP3 (POP - Version 3) merupakan POP yang standar untuk Internet. Protokol ini akan mengijinkan client untuk mengakses e-mail yang ada di POP server secara dinamis dan juga mengijinkan untuk meninggalkan atau menghapus e-mail yang ada di POP Server melalui POP client.Server POP3 menyimpan sementara email tiap user di dalam mailboxnya masing – masing sebelum akhirnya di-download oleh user bersangkutan menggunakan klien email seperti Outlook ataupun Eudora. Dalam proses pengambilan tersebut klien email terhubung ke mail server menggunakan protokol POP3 yang berjalan pada TCP port 110.

SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transport Protocol. Protokol ini menetapkan proses pengiriman dan penerimaan e-mail dalam jaringan komputer, seperti internet. Sebenarnya, SMTP itu sendiri berfungsi untuk mengatur lalu lintas e-mail antara berbagai server. Sementara, POP3 berfungsi untuk mengirimkan e-mail ke Client.
Kelemahan besar SMTP adalah tidak tersedianya prosedur otentifikasi sehingga setiap pengguna dapat mengirim e-mail melalui SMTP Server sebuah ISP. Akibatnya, e-mail spam menjadi berkembang. Biasanya, ISP meminta otentifikasi melalui POP3 Server. Bila otentifikasi berhasil, pengguna tersebut dapat menggunakan SMTP Server untuk mengirim e-mail.
Untuk dapat mengirim dan menerima e-mail, e-mail client harus dikonfigurasi dengan benar pada menu setting server POP3/IMAP dan server SMTP
Diposkan oleh Hasan di 20:49 0 komentar Link ke posting ini
Senin, 2008 September 22
File Transfer Protokol (FTP)

File Transfer Protokol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).

Tujuan FTP server adalah sebagai berikut :

1. Untuk men-sharing data.
2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
3. Untuk menyediakan teempat penyimpanan bagi user.
4. Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.

FTP sebenarnya cara yang tidak aman untuk mentransfer file karena file tersebut ditransfer tanpa melalui enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format Binary. Secara default, ftp menggunakan mode ASCII untuk transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, maka username, password, data yang ditransfer, maupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (Sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang dikirim terlebih dahulu dienkripsi (dikodekan).

FTP biasanya menggunakan dua buah port yaitu port 20 dan 21 dan berjalan exclusively melalui TCP. FTP server Listen pada port 21 untuk incoming connection dari FTP client. Biasanya port 21 untuk command port dan port 20 untuk data port. Pada FTP server, terdapat 2 mode koneksi yaitu aktif mode dan pasif mode.

untuk penggunaan ftp itu kita bisa download sendiri softwarenya atau langsung saja melalui comment. biasanya aplikasi yang saya pake untuk upload dan download adalah WsFtp_LE, kenapa saya menggunakan aplikasi itu karena aplikasi itu cukup simpel dan ringan buat di gunakan. jadi walaupun kita punya komputer yang minimum tapi kita akan ringan untuk menjalankannya.

kalau cara penggunaan software wsftp saya rasa cukup simpel anda tinggal login dan terus di lanjutkan denga me-drag file yang mana yang mau anda upload atau download.

ada lagi kita bisa menggunakan ftp lewat comment yang default biasanya ada di windows. untuk langkah-langkah penggunaannya adalah. kita masuk ke menu Start–>>Run, terus ketikan command, kemudian anda tentukan folder tempat file yang mau anda upload atau di mana tempat kita menaruh file yang mau kita download.

setelah masuk ke folder yang di maksud kemudian anda ketikan ftp , sebagai contoh ftp aminudin.net dan kemudian dia akan conect ke server yang kita tuju sama seperti yang lainnya kita juga harus memasukan user dan password ftp kita. setelah anda masuk maka anda akan masuk ke menu home ftp kita.anda bisa melihat isi dari home tersebut dengan perintah ls maka kemudian akan muncul rincian file dan folder yang kita miliki. kalau anda mau masuk ke folder lain. sama sepeti biasa-biasanya yaitu dengan memasukan perintah cd sebagai contoh adalah cd public_html. setelah anda masuk ke folder yang kita tuju maka kita bisa langsung saja upload atau download. untuk perintah-perintahnya kalau anda belum tau maka anda tinggal masukan saja tanda “?” sebagai contoh ftp> ? maka akan muncul lish-lish perintah-perintah yang bisa di gunakan di sini. untuk upload file sendiri mengguanakan perintah PUT sebagai contoh ftp>put amin.jpg maka akan langsung file tersebut di upload dari komputer kita ke server. atau anda juga bisa download file yang ada di server ke komputer kita dengan menggunakan perintah get sebagai contoh ftp>get amin.jpg maka file tersebuat akan di copy dari server ke komputer kita. kalau anda telah selesai dengan semua proses maka anda dapat menutup atau keluar dari layanan ftp dengan menggunakan perintah bye.

FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.
Diposkan oleh Hasan di 09:37 0 komentar Link ke posting ini
SSH (Secure Shell)

SSH(adalah(singkatan(dari(Secure Shell)
SSH adalah nama sebuah protokol tetapi
ada juga produk yang
mengimplementasikan SSH yang juga
bernama SSH sehingga menimbulkan
ambiguitas Terdapat dua jenis protokol
SSH yaitu SSH-1 dan SSH-2 Masing-
masing protokol memiliki arsitektur yang
berbeda dan menggunakan algoritma
kriptografi yang berbeda
Pengertian lebih banyak lagi dapat di Download di situs ini
http://webmail.informatika.org/~rinaldi/Kriptografi/2007-2008/
Makalah1/MakalahIF5054-2007-A-068.pdf
Diposkan oleh Hasan di 09:08 0 komentar Link ke posting ini
VNC (Virtual Network Computing)

Merekam gambar layar berukuran besar dengan VNC
Antara sebuah "tip" dan artikel, pada kesempatan ini penulis akan memperlihatkan cara membuat perekam gambar pada monitor berukuran besar. Perekaman menggunakan VNC virtual desktop. Tidak ada sihir, hanyalah sebuah petunjuk bagi siapa pun yang tidak mengetahui kelebihan VNC.

Saya tidak perlu menjelaskan lagi mengenai Virtual Network Computing yang sudah ada di web [2]. Singkatnya, sebuah desktop(output layar, input keyboard dan mouse) digunakan bersama-sama dalam sebuah jaringan. Komputer yang desktop-nya ingin digunakan bersama-sama menggunakan VNC server. Desktop komputer yang ingin anda lihat dan kendalikan dalam sebuah jendela menggunakan VNC client. VNC pertama kali dikembangkan di University of Cambridge, Inggris dan AT&T. Markas besar VNC sekarang terletak di perusahaan RealVNC yang berasal dari Inggris [3]. VNC protocol tidak hanya gratis, tetapi juga bisa digunakan pada berbagai sistem operasi. Anda bisa mengendalikan desktop Mac OS X dari GNU/Linux dan sebaliknya. Di samping itu terdapat banyak peralatan dan gagasan seputar VNC.

Pada Microsoft Windows dan Mac OS X, anda hanya memiliki sebuah desktop. Pada Unix dan GNU/Linux anda bisa membuat desktop lainnya (walau pun terdaapt program untuk menjalankan desktop yang akan digunakan bersama-sama [4]), pada saat yang sama anda juga bisa memiliki X server pada komputer tersebut. Sebenarnya VNC desktop yang baru adalah X desktop yang "dibungkus" oleh VNC. Jika komputer anda menjalankan firewall atau jika anda ingin mengamankan komunikasi, anda bisa menggunakan SSH untuk koneksi VNC (disediakan oleh komputer yang anda hubungkan ke komputer pusat jaringan server SSH) [5].
VNC server yang menerima pada port 5900
VNC (Virtual Network Computing) adalah sebuah software akses jarak jauh yang membuat kita dapat menampilkan dan berinteraksi dengan sebuah komputer (dinamakan "server") menggunakan sebuah program sederhana (dinamakan "viewer") melalui komputer lain dimanapun melalui Internet. Selain di Internet (tentunya menggunakan IP Address tertentu), VNC dapat juga digunakan di jaringan intranet atau jaringan lain (direct cable misalnya) yang menggunakan koneksi TCP-IP. Kedua komputer tidak harus memiliki sistem operasi yang sama, Sebagai contoh, kita dapat menggunakan VNC untuk mengakses komputer dengan sistem operasi Linux yang ada dikantor menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows dirumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar