Pimpinan Microsoft, Bill Gates menyatakan ingin membeli Yahoo! seharga 44,6 Milyar dollar AS. Usulan Microsoft sudah disampaikan kepada Dewan Direksi Yahoo! Inc. Tawaran itu adalah untuk membeli semua saham Yahoo! seharga sekitar 31 dollar AS per lembar, atau 62 % diatas harga saham Yahoo! pada 31 January di pasar bursa.
yahoo.jpg
Microsoft menawarkan dua pilihan, yakni dengan uang tunai bagi penjual saham Yahoo! atau menukarkan saham di Yahoo! menjadi saham di Microsoft ” kami memang sangat kagum dengan Yahoo! dan kami bisa meningkatkan pelayanan kepada semua pelanggan, pengguna Yahoo!”" kata Steve Ballmer, CEO Microsoft. ” Hidup, bisnis dan masyarakat kita memang sudah berubah. Yahoo! termasuk pihak yang menjadi pionir soal itu,” kata Ray Ozzie ahli perangkat lunak Microsoft.
Pembelian Yahoo! ini bagi Microsoft adalah sebuah kesempatan besar. Pasar iklan sepanjang 2007 lewat situs utama di dunia sudah mencapai 40 miliar dollar AS dan akan menjadi 80 miliar dollar AS pada tahun 2010. Yahoo! adalah salah satu yang diuntungkan dengan belanja iklan. Microsoft ingin mengintegrasikan produk - produknya dengan Yahoo!. Operasional dan bisnis dua raksasa ini akan disatukan, untuk menciptakan nilai lewat konvergensi bisnis. Untuk itu Microsoft juga akan menggunakan manajemen dan semua pekerja - pekerja di Yahoo!.
Pihak Yahoo! mengatakan sedang memikirkan tawaran Microsoft itu, Yahoo! merupakan situs yang bermanfaat karena multifungsi. Sebelum penawaran ini, Yahoo! sedang merencanakan pengurangan 14.000 karyawan atau sekitar 5 persen dari total karyawan. Yahoo! sempat menghadapi masalah karena terjadi kesalahan manajemen. Perusahaan ini mulai beroperasi pada tahun 1995 dan bermarkas di Sunnyvale, California, AS.
Berita rencana akuisisi itu membuat harga saham Yahoo! naik menjadi 29,58 dollar AS per lembar. Harga saham Yahoo! mencapai 34,08 dollar AS pada oktober 2007. Sebelum tawaran Microsoft itu muncul, harga saham Yahoo! sekitar 19,18 dollar AS per lembar.
(KOMPAS, Sabtu, 2 Februari 2008 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar