Senin, 20 April 2009

Tips Menjadi Karyawan Sukses

Tips Menjadi Karyawan Sukses
-------------------------------------------------------------------------------------------
Ingin menjadi Karyawan yang Sukses?
Di senangi dengan Boss atau Atasan?
Ingin juga di senangi Bawahan atau Assisten Anda?
Ingin semua menyenangkan, di lingkungan kerja terasa nyaman dan selalu bergairah?
-------------------------------------------------------------------------------------------
Ada Beberapa hal yang wajib Anda tanamkan pada diri Anda adalah

1. Sikap
Pondasi utama yang harus Anda lakukan adalah menata sikap,
kurangi sikap negatif Anda dan lebihkan sikap positif Anda.
Contoh yang bisa membuat Anda cepat berkembang dan pintar adalah

Sikap Berpikir Positif
Apapun hal yang Anda hadapi, apapun berita yang Anda terima dan keadaan apapun yang sedang
menimpa Anda, jalani saja dengan sikap positif, tidak cepat mengambil keputusan dengan
buru-buru dan lakukan segalanya menuju arah solusi dan bukan menuju arah masalah.

Sikap Mau Belajar
Belajarlah terus kepada atasan Anda, pelajari kelebihan dan sisi Positif dari mereka.
Pelajari semua yang bisa membuat mereka senang, seperti Hobinya, Prestasinya, Spesialisasinya,
dan lain-lain.

Belajar hal-hal biasa bukan berarti Anda bodoh ataupun Anda kurang mampu.
Belajar adalah proses mengasah diri yang terus dilakukan tanpa henti.

Sikap Suka Menolong
Di suasana kerja, Anda harus selalu enjoy dan senang aja menolong. Tidak pandang bulu,
semua orang yang ada di lingkungan kerja Anda, seperti petugas keamanan, office boy,
bagian kebersihan, dll. Menolong tanpa pamrih, tetapi target Anda mencoba orang yang
Anda tolong merasa tertolong.

Sikap suka menolong biasanya di ikuti dengan sikap pemaaf dan jujur dalam bertindak.

2. Manajemen Diri

Porsi kerja Anda harus maksimal, artinya Anda harus mengerjakan tanggung jawab yang dibebankan
kepada Anda yang diberikan oleh Perusahaan sesuai dengan kedudukan atau posisi jabatan yang Anda
sandang harus 150%.

Artinya yang 100% adalah memang tugas Anda, dan yang 50% adalah tugas atasan Anda. Maksudnya,
jika sewaktu-waktu atasan Anda berhalangan atau tidak bekerja, Anda bisa menolong dan membantu
secara benar. Inilah kesempatan Anda di uji oleh Perusahaan, jika Anda melakukannya dengan benar
maka berita bagus akan selalu bersama Anda.

3. Main Strategy

Bekerja cerdik dan pintar, bisa mengatur strategi semulus mungkin. Anda sebisa mungkin tidak
selalu memilih-milih pekerjaan yang dibebankan pada saat itu, jika menerima hal baru,
jalani saja sebagai sebuah ujian diri atau tantangan. Jika tidak menerima suatu pekerjaa n baru,
Anda sudah sedikit merasa menonton Coba lirik dan amati pekerjaan itu bersama Atasan Anda,
meminta ijin atau mencoba belajar mengerjakan pekerjaan atasan Anda adalah Hal yang SPESIAL
dan patut Anda senangi. Ini penting artinya bagi karir Anda !

Makanya waktu dulu saya selalu tertawa jika anda teman saya melarang atau mengatakan saya bodoh,
”Koq mau, maunya ngerjain pekerjaan orang lain, gajih udah jelas beda, masak pekerjaan atasan
dikerjain sich” dia bilang begitu... saya jawab, ”Imgin belajar dan tahu pekerjaan atasan itu
seperti apa”.

Nah, ternyata ada manfaatnya yang besar sekali. Suatu ketika atasan mendadak sakit,
tidak bisa datang untuk bekerja, padahal saat itu pekerjaanya cukup banyak.
Nah kesempatan inilah yang harus gunakan sebaik mungkin, sewajarnya dan memang harus perlu
membantu mengerjakan pekerjaan atasan tersebut, dan berusaha meyakinkan kepada BOSS besar
bahwa semuanya bisa diatasi dan bisa berjalan lancar. Yakinkan Boss besar Anda bahwa semua
pekerjaan berhasil baik.

Siapa tahu, di saat atasan Anda nanti mendapatkan Promosi Karier atau di pindahkan ke Posisi lain,
maka 100% atasan Anda akan merekomendasikan ke Boss besar bahwa Anda layak menggantika Posisi-nya.

Nah, Asyiik khan

4. Mengambil Hati

Anda harus pandai mengambil hati atau mencuri perhatian. Anda mampu melakukan tindakan-tindakan
yang positif dan cemerlang di situasi yang penting. Anda mampu membuat orang lain merasa nyaman
dan menaruh hormat kepada Anda. Maaf, bedakan dengan Mencari MUKA. Kalau mencari Muka biasanya
suatu tindakan membual, Akting layaknya Aktor terkenal di saat Boss sedang mengamati Anda.

Mencari Muka biasanya dijalankan pada saat-saat tertentu saja, dan biasanya kegiatan yang
dilakukan tidak seimbang dengan kebiasaan waktu-waktu kerja normal, disaat si Punya MUKA tidak ada,
si Pencari MUKA kelihatan sangat-sangat IDIOT. Jadi, pilihlah sikap Mengambil Hati yach

5. Berani Berkompetisi

Di posisi Pekerjaan apapun, Kompetisi harus ada. Artinya Anda siap bersaing,
berkompetisi secara sehat denga Rekan Kerja Anda yang Posisinya setara dengan Anda.
Anda tidak menilai bahwa Anda akan menang dalam persaingan, kecuali Anda bekali dengan Sikap Sabar,
Positif dan Selalu Belajar terus.

Berkompetisi di sini bukan berarti Anda sibuk mencari kesalahan-kesalahan orang lain,
tetapi justru Anda bisa menang dalam persaingan ini jika Anda mampu menutupi atau membantu
mengatasi masalah atau kelemahan-kelemahan orang lain.

Datang dan hadirlah di tengah-tengah rekan kerja Anda sebagai seorang juru selamat,
seorang pemberi Solusi atau Pemecah suatu masalah.

Jika demikian, maka suasana Kompetisi tersebut berjalan mulus dan sesuai dengan rencana Anda.
Orang lain pun tidak merasa dirugikan.

Coba Anda praktekan, lalu lihat perkembangan diri Anda dalam 1 tahun. Zaman sekarang ini,
hal-hal di bawah ini sudah dianggap biasa dan tidak terlalu dilirik oleh Atasan dan Perusahhan

-Datang bekerja Tepat waktutidak pernah Bolos
-Rajin bekerja dan Ramah
-Bekerja sesuai Job
-Pekerja Keras dan Tekun

Karena hal-hal di atas sudah biasa dan memang harus begitu. Nah 1 tambahan EXTRA yang bisa
mendukung 5 poin di atas adalah Tonjolkan sesuatu yang BEDA dari Anda !

Beda dalam hal ini sesuatu Skills atau Keahlian tidak dimiliki kebanyakan orang.
Sesuatu hal yang membuat orang lain merasa Salut dan Anda selalu dibutuhkan dalam urusan ini.
Coba temukan yang Spesial di diri Anda

Misalnya sesuatu yang Spesial itu Anda pandai bernegosisasi, Anda Pandai menghibur,
Anda selalu membuat orang lain Ketawa, Anda selalu Muncul Ide-Ide Cemerlang, dan sebagainya.
Hal ini kelihatan sepele, tetapi hal inilah yang sering orang lain ingat tentang Anda.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Apapun Pekerjaan Anda sekarang, Apapun Posisi Anda sekarang Cobalah untuk menyenanginya.
Berpikirlah bahwa masih banyak orang di luar sana yang menginginkan Posisi di pekerjaan Anda sekarang,
merasa bersyukur dan terus berterimakasih kepada Tuhan. Dengan begitu Anda merasa tenang,
bekerja semangat dan tidak gegabah dalam bertindak.

Sebenarnya Anda akan bisa meraih Karir atau Naik Jabatan secara cepat jika Anda memahami
pertanyaan kunci di bawah ini
Seberapa JAUH dan seberapa EFEKTIF kah NETWORKING yang Anda Bangun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar