Senin, 19 September 2011

Gen Osteopontin

Kadang,jika kita terkena luka selalu menimbulkan bekas luka yang tak hilang. Bahkan, jikapernah dioperasi salah satu bagian tubuh, jahitan yang membekas tak bisa hilangselamanya. Bagi sebagian orang, apalagi perempuan yang ingin kulitnya mulus,hal ini tentu sangat mengganggu. Untuk itu, berbagai penelitian terusdilakukan.
Dan,sepertinya, masalah bekas luka yang tak bisa hilang itu akan segeraterpecahkan. Sebab, sekelompok ilmuwan dari Inggris baru-baru ini mengklaimtelah berhasil membuat sebuah gel yang akan bisa menekan gen-gen penyebabtimbulnya bekas luka yang tak bisa hilang. Gel dari gen ini bisa menjadi solusipenghilang bekas luka karena bisa merekayasa genetika proses penyembuhan luka.
Menurutpara peneliti dari Universitas Bristol Inggris, selama ini jika kulit terluka,jaringan darah dan sel di bawah kulit mulai bekerja memperbaiki kerusakan.Proses ini yang akan menyisakan bekas. Bekas ini bisa sangat beragam bentuknya,mulai dari yang ringan sampai yang agak parah sebagai akibat penyakit diabetes.
Darihasil penelitian yang dipimpin Profesor Paul Martin di Universitas Bristol inilantas menemukan bahwa faktor utama yang menimbulkan bekas karena adanya genosteopontin (OPN). Gen ini dianggap sebagai gen yang paling bertanggung jawabmemicu hadirnya bekas luka di kulit. Karena itu, mereka kemudian menciptakan semacamgel untuk menekan aktivitas gen OPN. Setelah dalam beberapa percobaab, ternyatagel ini cukup berpengaruh pada proses percepatan kesembuhan luka, sekaligusparut yang minim.
Upayamenekan gen OPN ini juga mempercepat regenerasi sel darah di sekitar lokasiluka, dan meningkatkan kecepatan rekonstruksi jaringan. Dengan begitu, penemuanini diharapkan bisa menjadi solusi untuk masalah kulit akibat luka.  Sumber andriewongso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar