Kamis, 17 Maret 2011

Musik Bukan Cuma Dentingan Tapi Ada Emosi Di Dalamnya

Banyak cara untuk meluapkan perasaan. Entah sedih maupun gembira. Seorang Jimi Hendrix meluapkannya lewat dawai gitar. Ceritanya, saat berusia 10 tahun, Jimi ditinggal wafat sang ibu. Dia pun sangat terpukul dan menjadi pemurung.


Alex, sang ayah, sebagai seorang penganut agama yang taat, sering mengajak Jimi ke gereja dan ikut dalam paduan suara. Tetapi itu rupanya belum cukup untuk menghibur putranya tersebut. Karena kasihan melihat Jimi yang kerap murung, ayahnya membelikan dia sebuah gitar akustik sebagai hadiah ulang tahun ke-12.Lantaran kidal, Jimi membalik susunan senarnya. Sehingga tangan kanannya yang menari di atas fretboard. Dengan bermain gitar, Jimi mulai dapat melupakan kepedihan ditinggal ibunya. Eksplorasi musiknya pun menjadi lebih luas setelah dia dibelikan alat musik berupa gitar listrik. Dengan gitar tersebut, Jimi bernyanyi, meluapkan isi hati.

Pengalaman tak jauh beda dialami Maya Hasan dengan harpanya. Pada sekitar tahun 2000, ia pernah mengalami suatu titik, dimana dia disergap gundah. “Kenapa saya lebih menyukai bermain alat musik harpa?” Itulah pertanyaan berulang yang kerap bergejolak dalam hatinya. Dan tentunya juga dari orang-orang sekitarnya, termasuk wartawan.Maya berusaha mencari jawaban bagi dirinya sendiri dan pada akhirnya dia mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut setelah menemukan teori music for healing di sebuah situs internet. Hal itulah yang mengubahkan cara pandangnya terhadap musik, sehingga ia dapat menyimpulkan bahwa nada dari petikan harpanya memiliki efek tersendiri bagi pendengarnya.

Bagi Maya, musik bukan sekadar dentingan nada-nada indah yang membuat orang terlena. Baginya musik lebih dari itu. Musik bisa membuat jiwa menjadi tenang dan menyembuhkan penyakit. Itulah yang kini sedang ia kembangkan. Melalui music for healing perempuan bernama lengkap Maya Christina Hasan ini memperkenalkan nada sebagai alat penyembuh. “Musik bukan hanya sekadar alunan nada. Musik bisa membuat jiwa tenang dan menyehatkan,” ujarnya pada suatu malam di Central Park, Jakarta, beberapa hari lalu.

Temukan Lebih banyak Info Seputar alat musik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar