Selasa, 31 Mei 2011

Tips Senam Yoga agar Badan Lentur dan Fleksibel




Setiap orang pasti mendambakan untuk mempunyai badan yang lentur, terlebih apabila anda seorang praktisi senam yoga. Untuk itu, anda memerlukan kerja keras, yaitu melakukan latihan peregangan tiap hari. Selain itu, anda juga wajib mempertahankan gaya hidup sehat, yaitu dengan mekonsumsi makanan sehat dan tidur yang cukup. Meskipun rutinitas yang harus dilakukan sangat membosankan, tetapi anda akan melihat transformasi yang sangat besar pada tubuh anda dikemudian hari. Rahasianya cukup sederhana, yaitu melakukan peregangan badan tiap hari dan jangan sampai lupa meskipun satu haripun.

senam yoga


1. Peregangan memberi pelumas kepada sendi dan otot anda – > melakukan peregangan sebelum senam yoga akan memberikan efek pelumasan pada sendi dan otot. Begitu juga setelah latihan senam yoga anda harus melakukan sesi cooling down, jangan langsung berhenti begitu saja.

2. Lakukan peregangan tiap hari dan lakukan secara progresif – anda tidak akan mendapatkan badan lentur dalam semalam atau sehari. Berlatihlah sesuai dengan keadaan badan. Jangan memaksakan! Tambah porsi waktu dan peregangan sedikit demi sedikit untuk mencapai tujuan.

3. Sewaktu melakukan peregangan, jangan lakukan gerak-balik (bouncing) -> hal ini sering dilakukan oleh praktisi yang baru mempelajari senam yoga, yaitu melakukan peregangan dan kemudian melakukan gerak-balik (atau disebut bouncing). Hal ini sangat berisiko karena gerak balik ini dapat melukai otot. Lakukan peregangan dengan satu gerak secara pelahan dan pasti. Perhatikan bagian punggung dan paha kaki. Keduanya harus lurus, jangan sampai melengkung/ bengkok.


4. Lakukan peregangan seperti melakukan sebuah rutinitas, dan lakukan peregangan yang lebih sulit/kompleks tiap kali anda melakukannya. Hal ini membuat anda terbiasa dan akan merasakan rutinitas peregangan sesuatu hal yang tidak berat (sesi peregangan ini dapat berupa gerakan senam yoga asana yang sederhana sebelum sesi yang lebih kompleks).


5. Lakukan peregangan secara seimbang (simetrikal) kepada tubuh anda. Lakukan peregangan pada bagian sisi kanan tubuh apabila anda telah melakukanna pada bagian kiri tubuh. Apabila anda melakukan gerak mencium lutut (bending forward), maka lakukan juga bending backward (seperti halnya melakukan rutinitas Sun Salutation).

6. Lakukan diet yang sehat --> banyak minum air putih, dan tingkatkan asupan protein dan kalsium.

Untuk mendapatkan fleksibilitas tubuh yang ingin dicapai, anda tentunya harus bersabar. Fleksibilitas tidak dapat dicapai dalam satu hari. Konsistensi dan kesabaran berlatih sangat dibutuhkan untuk mendapatkan badan yang lentur dan maju selangkah ke depan untuk latihan senam yoga anda.

sumber:valueyogamat.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar