Senin, 18 April 2011

Pil KB Tidak Bikin Gemuk Kok !

Health - Kaum wanita yang memilih alat kontrasepsi berupa pil ternyata masih banyak yang dilanda kebingungan. Sebagian dari mereka bahkan takut tubuhnya melar dan kelebihan berat badan jika mengkonsumsi pil tersebut. Padahal, ada beberapa fakta yang harus diketahui kaum ibu yang ingin mengkonsumsi pil agar tidak terjadi salah kaprah. Satu yang pasti adalah, pil kontrasepsi tidak mengakibatkan kegemukan!

Semua obat tentu membawa dampak atau efek samping bagi penggunanya. Seperti misalnya kebanyakan obat batuk mengakibatkan kantuk, kemudian aspirin dapat menyebabkan kerusakan hati dan lain sebagainya. Selama lebih dari 50 tahun dikonsumsi orang, pil kontrasepsi paling sering dikeluhkan karena membawa efek samping seperti payudara menjadi lembek, mual dan gangguan sakit kepala serta pendarahan ringan.

Satu-satunya penjelasan paling masuk akal mengenai hubungan bertambahnya berat badan dan konsumsi pil adalah kandungan hormon di dalamnya. Setengah abad yang lalu pil kontrasepsi dipasarkan dengan kandungan estrogen dan progestin sangat tinggi, hampir 1000 kali dari jumlah hormon yang diperlukan perempuan. Ini merupakan pemicunya. Estrogen dosis tinggi bisa menyebabkan penambahan berat badan karena memicu selera makan dan retensi cairan.

Tapi sekarang, pil yang dijual mempunyai kadar hormon yang jauh lebih rendah. Sehingga konsumsinya secara teratur dan sesuai anjuran sama sekali tidak menimbulkan masalah pertambahan berat badan.

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar