Senin, 03 Januari 2011

Menjamurnya Bisnis Laundry Kiloan Di Bali

Bisnis cuci pakaian atau laundry kiloan rupanya kian menjamur di Denpasar, Bali. Hal ini terjadi seiring meningkatnya kesibukan warga dan cuaca buruk yang terus melanda. Saking banyaknya, berbagai kios laundry kiloan dapat ditemui di hampir semua sudut jalan.


Salah seorang pengusaha laundry kiloan, Sri Wahyu Pujiani menuturkan, ia memulai bisnisnya dengan modal awal Rp 30 juta pada November 2009. Uang itu ia gunakan untuk menyewa tempat dan membeli sejumlah peralatan laundry, mulai dari mesin cuci hingga setrika. Dengan didampingi dua karyawan, ia mampu menyedot cukup banyak pelanggan hanya dalam waktu beberapa pekan saja.Untuk dapat meraih kesuksesan, Sri mengaku memiliki sejumlah jurus jitu. Selain mematok harga murah, ia juga membolehkan pelanggan untuk memilih sendiri aroma pewangi pakaian. Dengan lima pilihan aroma, yaitu apel, lavender, apel fantasi, strawberry, dan lily, pelanggan pun dimanjakan bak raja. Bahkan, pelanggan juga bisa mengambil pakaiannya dengan cepat lewat satu hari pelayanan alias satu hari kering.

Tak hanya itu, Sri menerapkan kebijakan, jika pelanggan tidak puas terhadap karyawannya, maka ia akan mengganti sepuluh kali lipat biaya laundry. Sementara bila ada kerusakan pada pakaian, ia bersedia mengganti enam kali lipat biaya cuci.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar